Kostum ulang tahun atau syukuran anak seperti baju badut unicorn sering kali dikenakan untuk menghibur para tamu. Bentuknya yang unik dan lucu pun akan menghibur anak-anak supaya tak cepat bosan menunggu acara puncak. Di sisi lain, saat sering dipakai, baju badut ini tak lepas dari risiko kotor terkena sisa makanan dan cipratan minuman.

Namun, membersihkan kostum badut, seperti maskot perusahaan, memiliki aturan tersendiri yang wajib diperhatikan, antara lain:

1. Hindari dry clean

Dry clean memakai bahan kimia khusus untuk membersihkan kain dan teknis pemanasan untuk mengeringkannya. Namun, metode ini kurang disarankan untuk baju badut atau karakter, karena kandungan dalam bahan pembersih cenderung merusak kain maupun elemen lainnya.

Saat kostum rusak akibat dry clean, Anda mau tak mau harus membetulkan atau menggantinya secara total. Kerugian ini tentunya memerlukan biaya besar yang menguras anggaran.

2. Pakai metode manual

Kostum badut terdiri atas beberapa bagian, antara lain kepala, tangan, kaki, serta jumpsuit. Untuk bagian kepala dan kaki yang keras, Anda harus membersihkannya secara manual memakai tangan. Pakai air hangat serta deterjen lembut untuk mencegah kerusakan pada serat-serat kain. 

Anda pun bisa memakai alat bantu seperti sikat lembut untuk mengangkat kotoran yang menempel. Lakukan secara perlahan supaya baju badut unicorn tak rusak.

3. Gunakan mesin cuci

Lantas, bagaimana dengan bagian-bagian lain seperti tangan dan jumpsuit kostum? Anda dapat memakai mesin cuci untuk melepaskan kotoran dan sisa makanan pada permukaan kain. Kemudian, gunakan air dingin untuk melarutkan detergennya.

Saat menyalakan mesin cuci, setela sistem pencucian lembut untuk menekan risiko seperti kain rusak. Pastikan juga untuk membersihkannya secara terpisah dari pakaian lain.

4. Pengeringan baju badut

Tahap berikutnya yang harus dilakukan adalah cara mengeringkan kostum atau baju badut. Jangan gantungkan di area yang terpapar langsung dengan cahaya matahari. Pasalnya bagian kostum yang terkena panas berlebih berisiko memudarkan warnanya.

Pengering pada mesin cuci pun kurang disarankan karena dapat merobek kain atau membuatnya meleleh. Cukup gantungkan kostum, lalu mengangin-anginkannya sampai kering. 

5. Semprotkan desinfektan

Karena sering dipakai untuk acara yang didatangi banyak orang, kostum atau baju badut pastinya akan mengalami kontak kulit. Maka selain rutin mencuci, sempatkan untuk menyemprotkan bagian permukaannya dengan desinfektan.

Kandungan dalam desinfektan akan mencegah penyebaran kuman dan bakteri penyebab penyakit. Terutama saat Anda harus terus memakainya dan belum sempat membersihkannya.

Demikian langkah-langkah yang dapat diaplikasikan untuk membersihkan dan merawat baju badut unicorn. Semoga kostumnya awet untuk pemakaian waktu lama. Dengan begitu, Anda tak kesulitan menghibur dan mencari penghasilan halal dari berbagai kegiatan yang diikuti.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Chat
Butuh bantuan?
Scan the code
Kostum Maskot
Halo
Ada yang bisa dibantu?